Selasa, 24 September 2013

RPP ( transaksi barang+jasa)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No RPP                                : 04
Nama sekolah                       : SMK Negeri 2 Ciamis
Kompetensi keahlian            : Teknik Furnitur
Mata pelajaran                      : Kewirausahaan
Kelas/semester                     : XI / 1
Pertemuan ke                       : 4
Alokasi waktu                      : 2 x 45 menit

1.      Standar Kompetensi                               : 3. Merencanakan usaha kecil/mikro.

2.      Kompetensi Dasar                                   : 3.2 menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha.


3.      Indicator Pencapaian Kompetensi        : 6. Membuat surat, mencatat transaksi dan menyusun pembukuan sederhana.

4.      Tujuan Pembelajaran                             :
1.      Peserta didik dapat mencatat transaksi yang terjadi di perusahaan.
2.      Peserta didik dapat menyusun laporan keuangan sederhana.
3.      Setelah mempelajari pencatatan transaksi keuangan diharapkan peserta didik memiliki karakter rasa ingin tahu, semangat pantang menyerah, mandiri, kreatif dan inovatif.

5.      Uraian Materi                                          : Terlampir

6.      Strategi Pembelajaran                            :
1.      Metode Pembelajaran                : Ceramah, penugasan dan Tanya jawab.
2.      Pendekatan pembelajaran          :kontekstual.
7.      Kegiatan Pembelajaran
no
kegiatan belajar
waktu (menit)
aspek nilai budaya dan karakter yang dikembangkan





1
PENDAHULUAN

a.      Apersepsi
·         Sebelum pelajaran dimulai guru mengkondisikan kelas, kemudian mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengulas sedikit meteri yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

b.      Motivasi
Guru memberikan motivasi pada peserta didik bahwa pencatatan transaksi dan laporan keuangan merupakan kegiatan yang tidak bisa di pisahkan dengan bisnis.





10’






5’
1.      Rasa ingin tahu
2.      Semangat pentang menyerah
3.      Mandiri
4.      Kreatif
5.      Inovatif









2
KEGIATAN INTI

a.      Eksplorasi
·         Dengan metode Tanya jawab, guru memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik untuk mengukur wawasan peserta didik tentang pencatatan transaksi.

b.      Elaborasi
·         Guru menjelaskan cara-cara mencatat transaksi dan penyusunan laporan keuangan.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan, kemudian beberapa siswa diberi kesempatan mengerjakan di papan tulis.


c.       Konfirmasi
·         Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari hari ini.



10’







40’








10’


1.      Rasa ingin tahu
2.      Semangat pentang menyerah
3.      Mandiri
4.      Kreatif
5.      Inovatif

3
PENUTUP
·         peserta didik diberi tugas membuat soal tentang pencatatan transaksi dan laporan keuangan, kemudian menjawab soal tersebut sendiri.



15’
1.      Pengendalian diri
2.      Tanggung jawab

8.      Alat dan Bahan Pembelajaran              : spidol, papan tulis, hand out.
9.      Penilaian Hasil Belajar                           : Terlampir
10.  Sumber Belajar                                       :
1.   Buku kewirausahaan SMK kelas XI, HUP
2.   Buku kewirausahaan SMK kelas XI, PT GALAXY PUSPA MEGA










Mengetahui:                                                               Ciamis, 1 oktober 2013
Guru pamong                                                                         mahasiswa



           Ratnasari Arum, S.pd.                                                             Yesi Rahayu
NIP.                                                                                               NIM. 2107100082

Tidak ada komentar: