Selasa, 17 September 2013

peran akuntansi dalam manajemen


PERAN AKUNTANSI DALAM MANAJEMEN
Peran akuntansi dalama manajemen cukup banyak, laporan keuangan yang dihasilkan dalam proses akuntansi merupakan informasi yang cukup penting bagi manajemen. Beberapa peran akuntansi yang berkaitan dengan manajemen dapat anda pelajari dlam uraian berikut.
1.      Manajemen biaya
Dalam manajemen biaya diatuer tentang masalah pengukuran aktivitas dan objek-objek strategis dalam rangka mengambil keputusan strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif diantaranya tentang kualitas suatu barang atau jasa dan tentang kesempatan atau peluang.
2.      Sistem pengendalian manajemen
Informaasi akuntansi bagi sistem pengendalian manajemen digunakan untuk merrancang sistem dan proses untuk memotivasi para manajer divisi agar mampu bertindak untuk memaksimumkan kepentingan divisi. Akan tetapi, pada saat yang sama juga memaksimumkan kepentingan perusahaan secara bersamaan.
3.      Sistem informasi manajemen
Informasi akuntansi bagi sistem informasi manajemen digunakan untuk merancang sistem penyediaan informasi untuk berbagai kepentingan manajemen. Adanya kemajuan teknologi komputer telah menggeser sistem akuntansi manual menjadi sistem pengolahan data secara elektronik. Pengertian sistem informasi akuntansi cenderung lebih sempit, yaitu menjadi electronic data processing yang merupakan bagian dari sistem informasi manajemen.
4.     Analisis laporan keuangan
Manajemen akan memanfaatkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang tersaji dalam laporan keuangan untuk menunjang dalam pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan dengan teknik analisis untuk mengukur kinerja perusahaan dari segi keuangan, baik untuk investasi maupun pertanggungjawaban.

JJJ
Yessy mulia rahayu

Tidak ada komentar: