RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No
RPP : 04
Nama
sekolah : SMK Negeri
2 Ciamis
Kompetensi
keahlian : Teknik Furnitur
Mata
pelajaran :
Kewirausahaan
Kelas/semester : XI / 1
Pertemuan
ke : 4
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
1.
Standar
Kompetensi :
3.
Merencanakan usaha kecil/mikro.
2.
Kompetensi
Dasar : 3.2
menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha.
3. Indicator Pencapaian Kompetensi : 6. Membuat
surat, mencatat transaksi dan menyusun pembukuan sederhana.
4.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Peserta
didik dapat mencatat transaksi yang terjadi di perusahaan.
2. Peserta
didik dapat menyusun laporan keuangan sederhana.
3. Setelah
mempelajari pencatatan transaksi keuangan diharapkan peserta didik memiliki
karakter rasa ingin tahu, semangat pantang menyerah, mandiri, kreatif dan
inovatif.
5.
Uraian
Materi :
Terlampir
6.
Strategi
Pembelajaran :
1.
Metode Pembelajaran : Ceramah, penugasan dan Tanya
jawab.
2.
Pendekatan pembelajaran :kontekstual.
7.
Kegiatan
Pembelajaran
no
|
kegiatan belajar
|
waktu (menit)
|
aspek nilai budaya dan karakter yang dikembangkan
|
1
|
PENDAHULUAN
a.
Apersepsi
·
Sebelum pelajaran dimulai guru mengkondisikan
kelas, kemudian mengecek kehadiran siswa.
·
Guru mengulas sedikit meteri yang telah dipelajari
pada pertemuan sebelumnya.
b.
Motivasi
Guru memberikan motivasi pada peserta
didik bahwa pencatatan transaksi dan laporan keuangan merupakan kegiatan yang
tidak bisa di pisahkan dengan bisnis.
|
10’
5’
|
1.
Rasa ingin tahu
2.
Semangat pentang menyerah
3.
Mandiri
4.
Kreatif
5.
Inovatif
|
2
|
KEGIATAN INTI
a.
Eksplorasi
·
Dengan metode Tanya jawab, guru memberikan
beberapa pertanyaan kepada peserta didik untuk mengukur wawasan peserta didik
tentang pencatatan transaksi.
b.
Elaborasi
·
Guru menjelaskan cara-cara mencatat transaksi dan
penyusunan laporan keuangan.
·
Siswa diberi tugas mengerjakan soal latihan,
kemudian beberapa siswa diberi kesempatan mengerjakan di papan tulis.
c.
Konfirmasi
·
Guru memberikan penguatan tentang materi yang
telah dipelajari hari ini.
|
10’
40’
10’
|
1.
Rasa ingin tahu
2.
Semangat pentang menyerah
3.
Mandiri
4.
Kreatif
5.
Inovatif
|
3
|
PENUTUP
·
peserta didik diberi tugas membuat soal tentang
pencatatan transaksi dan laporan keuangan, kemudian menjawab soal tersebut
sendiri.
|
15’
|
1.
Pengendalian diri
2.
Tanggung jawab
|
8.
Alat
dan Bahan Pembelajaran : spidol, papan
tulis, hand out.
9.
Penilaian
Hasil Belajar : Terlampir
10. Sumber Belajar :
1.
Buku kewirausahaan SMK kelas XI, HUP
2.
Buku kewirausahaan SMK kelas XI, PT
GALAXY PUSPA MEGA
Mengetahui: Ciamis,
1 oktober 2013
Guru
pamong mahasiswa
Ratnasari Arum, S.pd. Yesi
Rahayu
NIP.
NIM. 2107100082
Tidak ada komentar:
Posting Komentar