Rabu, 02 Oktober 2013

RPP-average cost

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nomor RPP                 :
Nama sekolah              : SMK negeri 2 Ciamis
Kompetensi keahlian   : teknik furniture
Mata pelajaran             : kewirausahaan
Kelas/semester            : XI / 2
Jumlah pertemuan       : 1 kali tatap muka
Alokasi waktu             : 2 jam @45 menit


1.      Standar kompetensi                                : 3. Merencanakan usaha kecil/mikro.

2.      Kompetensi dasar                                   : 3.2 menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha.

3.      Indicator pencapaian kompetensi          : 3. Mampu menghitung kebutuhan bahan baku                                             dengan tepat.

4.      Tujuan pembelajaran                             :

1.      Peserta didik dapat menghitung persediaan bahan baku dengan system perhitungan fisik dan system perpetual.
2.      Peserta didik dapat menghitung persediaan      bahan baku dengan menggunakan metode rata-rata (cost average).
3.      Petelah mempelajari perhitungan persediaan dengan menggunakan metode rata-rata diharapkan peserta didik mampu memiliki karakter Rasa ingin tahu, Semangat pentang menyerah, Mandiri, Kreatif, Inovatif

   
5.      Uraian materi                                          : terlampir.
6.      Strategi pembelajaran                            :
1.      Metode pembelajaran                 : ceramah, Tanya jawab dan penugasan.
2.      Pendekatan pembelajaran          : kontekstual.
7.      Kegiatan pembelajaran
No
Kegiatan belajar
Waktu (menit)
Aspek nilai budaya dan karakter yang dikembangkan










1
PENDAHULUAN:
a.      Apersepsi
·         Sebelum pelajaran dimulai, guru mengkondisikan kelas, kemudian guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru menyampaikan indicator pembelajaran pada pertemuan hari ini.
·         Guru mengingkatkan peserta didik tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya serta membahas apabila ada tugas dipertemuan sebelumnya.

b.      Motivasi
·         Guru memberikan ilustrasi tentang penggunaan metode rata-rata dalam kehidupan sehari-hari.






10’









5’
1.      Rasa ingin tahu
2.      Semangat pentang menyerah
3.      Mandiri
4.      Kreatif
5.      Inovatif

2
KEGIATAN INTI:
a.      Eksplorasi
·         Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang perhitungan persediaan dengan menggunakan metode rata-rata.

b.      Elaborasi
·         Guru memberikan penjelasan perhitungan persediaan bahan baku dengan menggunakan metode rata-rata.
·         Siswa diminta mengerjakan soal latihan tentang perhitungan persediaan menggunakan metode rata-rata.
·         Beberapa siswa diberi kesempatan mengerjakan soal latihan dipapan tulis.

c.       Konfirmasi
·         Guru bersama peserta didik membahas soal latihan yang tidak dapat diselesaikan oleh peserta didik.
·         Guru memberikan penguatan tentang prhitungan persediaan bahan baku menggunakan metode rata-rata.



10’





40’











10’










1.      Rasa ingin tahu
2.      Semangat pentang menyerah
3.      Mandiri
4.      Kreatif
5.      Inovatif
3
KEGIATAN AKHIR:
·         Guru bersama peserta didik mengadakan  refleksi pembelajaran pada pertemuan peserta didik.
·         Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan hasil belajar pada pertemuan hari ini.
·         Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk dikerjakan di rumah.
·         Pertemuan hari ini diakhiri dengan membaca do’a bersama-sama.






15’
1.      Pengendalian diri
2.      Tanggung jawab

8.      Alat dan bahan pembelajaran               :  spidol, papan tulis, hand out.
9.      Penilaian hasil belajar                             : prosedur dan instrument penilaian proses dan hasil belajar terlampir.
10.  Sumber belajar                                        :
1.      Buku kewirausahaan SMK kelas XI, HUP
2.      Buku kewirausahaan SMK kelas XI, PT GALAXY PUSPA MEGA



Mengetahui:                                                               Ciamis, 10 september 2013
Guru pamong                                                                         mahasiswa



           Ratnasari Arum, S.pd.                                                             Yesi Rahayu
NIP.                                                                                               NIM. 2107100082


Prosedur dan instrument penilaian proses dan hasil belajar
1.      Penilaian
·          Tes tertulis


2.      Instrument
soal
1.      Diketahui bahwa PT ABC memiliki transaksi sebagai berikut:
Tanggal
Keterangan
unit
biaya
1        juli 2012
5    juli 2012
13  juli 1012
20  juli 2012
23  juli 2012
29 juli 2012

Persediaan
Penjualan
Pembelian
Penjualan
Penjualan
pembelian
12
7
8
4
5
10
10.000

12.000


15.000

Dit: hitunglah biaya persediaan menggunakan metode rata-rata tanggal 30 juli 2012 menurut system perpetual!

Jawaban
1.      metode rata-rata dengan system perpetual
tgl
pembelian
penjualan
saldo persediaan
unit
biaya
total
unit
biaya
total
unit
biaya
total
  1/7






12
10.000,00
120.000,00
  5/7



7
10.000,00
70.000,00
5
10.000,00
  50.000,00
13/8
8
12.000,00
  96.000,00



13
11.230,77
146.000,00
20/8



4
11.230,77
44.923,08
9
11.230,77
101.076,93
23/8



5
11.230,77
56.153,85
4
11.230.77
  44.923,08
29/8
10
15.000,00
150.000,00



14
13.923,07
194.923.08








Tidak ada komentar: